info

Thursday, November 18, 2010

Redakan Nyeri Otot dengan Jahe



Jahe (dok. Corbis)

Jahe berpotensi memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik mirip dengan obat pereda sakit.
Selasa, 21 September 2010, 13:05 WIB
Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti
VIVAnews - Anda mungkin pernah merasa nyeri otot setelah olahraga atau berjalan jauh? Ada cara mudah mengatasinya. Cukup ambil jahe dari kotak bumbu dapur di rumah untuk meredakannya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dosis harian jahe mentah atau yang dipanaskan bisa mengurangi rasa sakit otot setelah latihan berat atau setelah kaki melakukan aktivitas seharian.

Seperti dikutip dari laman Times of India, jahe menjadi obat favorit praktisi pengobatan China selama berabad-abad. Meski khasiatnya sudah banyak dibuktikan, namun belum ada penelitian mendalam mengenai efek jahe sebagai penghilang rasa sakit.

Penelitian kali ini menunjukkan bahwa jahe berpotensi memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik mirip dengan obat anti-inflamasi nonsteroid. Menerapkan jahe secara rutin selama 4-36 minggu dengan dosis harian 30-500 mg pada bagian otot nyeri bisa meringankan rasa nyeri, termasuk nyeri lutut dari osteoarthritis.

Para peneliti University of Georgia dan Georgia State University College melibatkan 74 mahasiswa yang menjadi relawan selama 11 hari. Mereka dibagi tiga kelompok. Kelompok pertama diberi jahe mentah, kedua jahe panas, dan kelompok terakhir plasebo jahe.

Untuk penelitian ini, relawan mahasiswa diuji pada 11 hari berturut-turut saat mengambil suplemen jahe. Tujuh puluh empat siswa dibagi dalam tiga kelompok diberikan jahe mentah, jahe panas atau plasebo.

Hasil dari data respon subyek menunjukkan, jahe mentah mampu mengurangi rasa nyeri otot sebesar 25 persen setelah latihan eksentrik. Sedangkan jahe panas juga memiliki efek yang sama dengan kemampuan meredakan nyeri 23 persen. Penelitian ini dipublikasikan dalam The Journal of Pain. (pet)
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment

Bisnis Herbal

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...